apartemen, Lifestyle, Tips

Percantik Hunian dengan Teknik Warna Ombre

warna-ombre

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempercantik hunian. Salah satunya adalah dengan mengkreasikan warna cat pada dinding. Belum lama ini, teknik pengecatan yang sedang hits adalah teknik ombre atau gradasi.

Teknik ini menciptakan efek perubahan warna dari gelap ke terang atau dari warna teduh ke tone warna lain, tetapi hanya menggunakan satu jenis warna. Penggunaan teknik ini tentunya akan membuat ruang apartemen terlihat lebih cantik dan bercahaya.

Nah, untuk Anda yang ingin mencoba mengaplikasikan teknik warna ombre pada apartemen, berikut adalah ulasannya. Check it out!

Rencanakan Lebih Dulu

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat perencanaan. Perhatikan secara saksama, bagian manakah yang ingin diberi sentuhan warna ombre. Selain itu tentukan warna apa yang paling cocok dengan desain apartemen Anda.

Pilih Warna

Selanjutnya adalah pemilihan warna. Seperti dijelaskan sebelumnya, konsep ombre adalah menerapkan satu jenis warna yang bergradasi atau memudar dari warna gelap ke warna terang atau sebaliknya.

Anda bisa mencoba mengradasikan warna biru tua ke biru muda untuk memberikan kesan tenang pada hunian. Atau, Anda juga bisa mengaplikasikan warna hijau tua ke hijau muda untuk ruang tidur nyaman.

Memudar dari Bawah ke Atas atau Sebaliknya

Warna yang semakin memudar akan memberikan kesan artistik tersendiri pada ruangan. Buatlah agar warna cat memudar dari bawah ke atas atau sebaliknya. Namun, Anda tetap harus berarti karena jika teknik yang Anda gunakan salah justru akan membuat gradasi terlihat ‘aneh’.

Batasi dengan Kertas Selotip

Ombre tak hanya bisa dilakukan dengan memudarkan warna dari atas ke bawah, namun bisa juga dilakukan dengan cara ini. Buat pola yang diinginkan menggunakan kertas selotip. Kemudian, cat dinding sesuai dengan warna yang diinginkan mengikuti pola yang sudah dibuat. And Voila, you did it!

Dekorasi Dinding Berbentuk Geometri

Bentuk geometri di dinding sedang menjadi tren dekorasi interior. Anda juga bisa lho mengaplikasikan teknik ini di apartemen. Caranya, siapkan spidol dan  pilih yang warnanya sesuai dengan cat dinding, misal cat dinding apartemen berwarna abu-abu maka pilihlah spidol cat berwarna putih. Gunting pola geometri yang diinginkan menggunakan kardus kemudian mulai gambar dinding menggunakan spidol. Mudah sekali bukan?

Buat Motif Chevron

sofa 3D rendering

Motif Chevron atau zig-zag dalam sebuah desain cukup digemari saat ini. Sebagai saran, jangan mengaplikasikan teknik ini pada seluruh dinding karena akan membuat ruangan terasa sempit. Cukup pilih satu dinding untuk memberikan kesan dramatis. Anda bisa mengombinasikan beberapa warna, namun jika ingin menunjukkan kontras gunakanlah warna hitam dan putih.

Hias Dinding dengan Tetesan Cat

warna-ombre-tetesa-cat

Untuk melakukan hal ini, kamu memerlukan beberapa warna cat dan pompa jarum suntik. Caranya, isi pompa dengan cat kurang lebih 3-5 ml. Selanjutnya, mulailah mengecat dari dinding bagian atas. Lakukan hal yang sama untuk setiap warna. Dijamin, Anda pasti akan menyukai hasil teknik pengecatan ini.

Bagaimana, tertarik untuk menggunakan teknik warna ombre pada apartemen? Ada baiknya jika warna tersebut hanya diterapkan di salah satu sisi dinding ruangan sehingga dapat menjadi area yang eye catchy. So, selamat mencoba!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s