hunian, Lifestyle, Tips

Rahasia Cepat Punya Hunian Setelah Menikah. Anda Harus Tau!

membeli hunian setelah menikah

Punya rumah setelah menikah, siapa sih yang tidak mau?

Pasangan-pasangan muda yang baru menikah tentu memiliki impian untuk cepat memiliki hunian sendiri. Sayangnya, banyak yang menunda keinginan tersebut karena kondisi finansial yang belum stabil setelah menggelar pesta pernikahan.

Belum lagi harga hunian yang terus mengalami kenaikan membuat impian tersebut semakin sulit terwujud.

Sebenarnya, ada beberapa cara untuk membantu memudahkan para pasangan muda untuk segera mendapatkan hunian idaman. Penasaran? Yuk, simak ulasan yang dilansir dari Olympic Residence di bawah ini.

Tekan Biaya Resepsi

Membuat keputusan untuk membeli hunian tentu bukan hal yang mudah. Karena itulah, hal ini harus dipikirkan sejak jauh-jauh hari, bahkan sebelum hari pernikahan. Menekan biaya resepsi akan menjadi cara yang tepat untuk para pasangan muda yang ingin cepat memiliki hunian setelah menikah.

Salah satu cara untuk menghemat budget adalah dengan membatasi undangan. Dengan cara ini, Anda dapat sedikit berhemat dan sisa dana dapat digunakan untuk uang muka pembelian hunian.

Gunakan Uang Pemberian Undangan untuk DP Hunian

Setelah menikah, biasanya pasangan pengantin baru mendapat uang dari para undangan. Daripada uang tersebut habis tak tersisa untuk hal tidak jelas, sebaiknya gunakan untuk modal DP pembelian hunian. Hal ini akan membantu Anda mempercepat memiliki hunian idaman.

Investasi

Investasi merupakan salah satu cara ‘menggandakan uang’ secara modern. Meskipun hasilnya tidak bisa dinikmati secara instan, berinvestasi merupakan salah satu cara paling efektif untuk cepat mendapatkan uang.

Beberapa investasi yang aman dan mudah untuk pemula yaitu reksadana dan emas. Ikut investasi dapat mempercepat pertumbuhan tabungan.

Buat Rekening Khusus

Buatlah rekening khusus untuk menyimpan modal pembelian hunian. Anda dan pasangan harus berkomitmen menyisihkan gaji setiap bulan ke rekening bersama ini. Apapun kebutuhannya, jangan gunakan uang dalam rekening tersebut untuk hal lain. Tetapkan anggaran pembelian hunian dan total DP yang dibutuhkan.

Pertimbangkan Kredit

Tak ada salahnya membeli hunian secara kredit. Anda bisa mempertimbangkan pinjaman kredit di bank. Pinjaman ini dapat mempercepat terkumpulnya DP hunian yang Anda idamkan. Namun, yang harus Anda perhatikan adalah besar cicilan tidak melebihi kemampuan agar kebutuhan sehari-hari Anda dan pasangan tidak terganggu.

Sesuaikan dengan Kemampuan

Anda harus memasang target menabung, misalnya satu atau dua tahun. Pasalnya, harga hunian rata-rata naik secara konsisten. Jika rencana menabung terlalu lama, dikhawatirkan harga sudah naik cukup drastis sehingga tidak tercukupi oleh tabungan.

Karena itu, untuk hunian pertama, tak ada salahnya jika mencari di kawasan kota satelit (kawasan penyangga) area ekonomi utama. Harga hunian di kawasan ini relatif lebih terjangkau.

Di Jakarta misalnya, salah satu kawasan penyangganya adalah Bogor. Kawasan ini cukup ideal untuk mencari hunian pertama dengan harga terjangkau.

Apartemen Olympic Residence contohnya, salah satu hunian berupa apartemen yang berada di daerah Sentul, Bogor ini letaknya tak jauh dari Jakarta. Aksesnya pun cukup mudah karena hanya selangkah menuju Tol Jagorawi dan moda transportasi cukup memadai, salah satunya LRT (Light Rail Transit) yang sedang dalam pembangunan.

Nah, itulah beberapa tips memiliki hunian setelah menikah. Anda dan pasangan dapat mencobanya agar segera memiliki hunian idaman. Good luck!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s